Tips Memulai Usaha DIGITAL PRINTING dengan Modal Kecil

usaha digital printingSebagaimana kita ketahui bahwa, printer merupakan bagian dari laptop/komputer yang mulai digandrungi, kenapa tidak, di jaman sekarang yang serba digital, untuk mencetak sebuah foto saja, kita hanya membutuhkan sebuah hp/ponsel yang berkamera, komputer/laptop dan yang pasti PRINTER.

Bahkan printer sekarang sudah tidak memerlukan lagi komputer/laptop untuk proses cetaknya. Kita hanya memerlukan printer teknologi terbaru yang ada colokan usb_nya sebagai tempat ponsel berkamera tersebut. Apalagi printer2 sekarang harganya sudah terjangkau dengan fasilitas atau fitur yang lumayan. Untuk info detailnya, silahkan lihat artikel saya sebelumnya disini, printer terbaik dengan harga 1 jutaan dan printer yang cocok buat Mahasiswa.

Dengan harga printer yang terjangkau tersebut, selain digunakan untuk kebutuhan pribadi, printer tersebut juga dapat kita manfaatkannya sebagai sumber mata pencarian, seperti bisnis digital printing atau usaha cetak digital, misalnya usaha cetak foto, cetak undangan, kartu nama, spanduk bahkan usaha sablon kaos dan usaha2 cetak digital lainnya.

Sebagaimana kita ketahui, rata-rata hampir tiap orang sudah memiliki ponsel berkamera, dikarenakan harganya yang terjangkau pastinya. Maka ini merupakan suatu peluang usaha bisnis cetak digital atau usaha digital printing yang sangat menguntungkan, kenapa tidak? Dengan ponsel berkamera tersebut pastinya banyak foto-foto yang akan diabadikan mereka kedalam bingkai foto misalnya, bahkan untuk membuat pasfoto saja kita dapat dengan mudah membuatnya dengan ponsel berkamera tersebut.

Peluang usaha digital printing ini juga bisa dikerjakan sebagai usaha sampingan yang menguntungkan, bahkan kamu yang seorang pelajar atau Mahasiswa juga dapat menjalankan bisnis cetak digital ini, lihat infonya disini, bisnis yang cocok buat Mahasiswa.

Usaha Digital Printing membutuhkan berbagai proses untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, dengan kepuasan mereka akan kembali melakukan order.

Jika pesanan semakin besar, maka kita membutuhkan sebuah MESIN yang dikhususkan untuk digital printing, mesin cetak digital yang biasanya dipakai adalah Mesin Digital Printing dengan harga terbarunya sekitar 75 jutaan, mesin ini dapat mencetak hingga 5000 lembar per jam, tetapi hanya dapat mencetak warna hitam-putih saja.

Kebanyakan pemula usaha digital printing ini menggunakan mesin cetak bekas, yang harganya pastinya terjangkau, sambil belajar mengenal mesin tersebut dan memahami permasalahan seluk-beluk tentang mesin tersebut, setelah kita mengerti benar dan bisnis tersebut sudah semakin besar, maka kita dapat menggunakan mesin yang lebih mahal dengan fitur yang lengkap lagi, untuk harganya berkisara hampir 3 miliaran (sungguh sangat terlalu… hehe). Mesin digital print ini dapat mencetak hingga empat warna dengan keungulannya yang mampu mencetak hingga 10.000 lembar dengan isian 9 folio.

Oke, berikut tips memulai usaha digital printing dengan modal kecil

1. Tentukan target pasar atau konsumen, kebanyakan konsumen membutuhkan proses percetakkan yang cepat, seperti cetak brosur, cetak undangan, kartu nama dan lain-lain. Untuk itu pastinya kita membutuhkan mesin cetak digital yang berkualitas, dan pastinya kita membutuhkan modal yang cukup besar, harga printer digital printing seperti itu berkisar antara ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Untuk mengakalinya, mungkin kita bisa menekan biaya pembelian mesin digital printing tersebut melalui leasing atau kredit ke bank. Kita juga dapat membeli mesin printer digital printing tersebut dalam keadaan second alias bekas pakai. Untuk membeli mesin printing second ini, maka kita harus pintar dalam memilihnya, kalau kamu kurang mengerti tentang mesin tersebut, sangat disarankan untuk membawa teman yang pintar dalam urusan mesin digital printing tersebut.

Usaha digital printing pastinya sudah sangat menjamur di kota-kota besar, kalau target kamu di kota maka kemungkinan besar sudah banyak para pengusaha lainnya yang lebih dulu membuka bisnis digital printing tersebut. Kamu kemungkinan besar tidak akan bisa memenangkan persaingan tersebut, biarpun kamu melakukan perang harga dengan mereka.

Jadi solusinya adalah lebih baik kita memasang target pasar premium saja, seperti targetnya para perusahaan atau para konsumen yang mau membayar lebih banyak untuk hasil produksi yang berkualitas tinggi. pelanggan seperti ini biasanya perusahaan yang mementingkan kualitas dari pada harga, dengan cara demikian maka biarpun pelanggan yang kita miliki sedikit tapi hasil keuntungannnya akan sama atau bahkan lebih besar daripada pengusaha digital printing lainnya.

2. Pilihlah mesin digital printing dengan kecepatan tinggi, keuntungan menggunakan Mesin dengan kecepatan tinggi pastinya akan membuat kamu menerima lebih banyak order. Kecepatan rata2 yang diperlukan untuk mencetak normal adalah sekitar 6 – 9m² per jam. Contohnya mesin digital printing Mutoh VJ-1324 yang memiliki kecepatan hingga 28m² per jam, pastinya akan lebih banyak order yang bisa kamu kerjakan dalam sehari.

3. Pilihlah mesin digital printing yang HEMAT TINTA yang pemakaian tinta hanya 8 -15cc per m² tapi kualitas gambar yang cukup tajam dan jarang salah cetak.

4. Pilihlah Mesin digital printing dengan Software RIP Terbaik, apakah yang dimaksud RIP software itu? Software RIP adalah suatu program untuk mengatur dalam penggunaan tinta, seperti berapa banyak yang dibutuhkan dan di titik mana tinta harus disemprotkan. Untuk software RIP terbaik dan terkenal saat ini salah satunya adalah software RIP Caldera.

5. Dan tips terakhir dari saya adalah pilihlah mesin printing yang menggunakan teknologi FUZZ, FOG dan WAVE. Teknologi printing selain dari ketiga nama diatas biasa mengunakan teknik cetak yang segaris, yang kadang2 hasilnya akan terlihat bergaris-garis dan warna yang tidak merata. Teknologi FUZZ, FOG dan WAVE menggunakan teknik digital printing mesin yang cara kerjanya bergelombang dan penyemprotan tinta lebih merata ke tiap titik-titik. Dan hasilnya dipastikan jauh lebih tajam dan sempurna daripada teknologi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: