Bagaimana Memulai Usaha Digital Printing

digital-printingBila anda ingin sukses dalam memulai usaha digital printing, maka anda harus menyusun strategi yang tepat sejak awal. Tips apa saja yang perlu diketahui agar bisa menyusun strategi yang tepat?

1.Target Pasar

Sebelum memulai usaha digital printing, ingatlah bahwa apabila anda tinggal di kota besar, maka kemungkinan besar sudah ada banyak pengusaha lain yang lebih dulu beroperasi. Anda tidak akan bisa memenangkan persaingan apabila anda berencana melakukan perang harga dengan mereka.

Lebih baik anda memasang target pasar premium; yaitu perusahaan atau orang-orang yang mau membayar lebih untuk hasil produksi yang berkualitas tinggi. Dengan cara ini maka pelanggan anda “sedikit” tapi hasil keuntungannnya sama atau bahkan lebih besar daripada pengusaha lainnya

2. Fleksibilitas

Selama ini banyak orang yang mengidentikkan digital printing dengan banner. Cobalah untuk lebih fleksibel dengan menerima order produksi tas sekolah anak-anak, wall paper, sand blasting, cetak foto, branding, dsb.

3. Jam Kerja

Usahakan agar anda bekerja secara konstan selama 8 jam setiap hari. Dengan jam kerja seperti itu, maka anda tidak perlu membayar gaji lembur untuk operator. Selain itu mesin akan lebih awet bila digunakan secara teratur selama 8 jam setiap hari.

Agar bisa melakukan hal ini, pilihlah mesin yang hasil cetaknya bagus, kuat, jarang rusak dan spare part-nya sudah tersedia (ready stock; tidak perlu indent). Hal ini harus menjadi perhatian karena mesin yang sering rusak atau hasil cetaknya tidak bagus bisa memperlambat pekerjaan

4. Pemilihan Mesin Digital Printing

Jangan percaya pada brosur! Dalam brosur semua mesin terlihat sama bagusnya hanya beda harganya. Brosur bisa membuat anda memilih mesin yang paling murah, tapi ternyata baru dipakai sebentar sudah rusak.

Lebih baik anda melakukan survey dengan menanyakan pengalaman orang yang sudah memakai mesin tertentu. Yang paling baik adalah apabila anda menyaksikan langsung demo mesin yang anda minati.

Apabila anda berminat untuk menyaksikan demo mesin yang paling cepat balik modal, silakan klik di sini.

5. Perawatan Mesin

Tadi sudah disinggung bahwa ketika memulai usaha digital printing, anda harus memilih mesin yang jarang rusak dan spare part-nya sudah ready stock (tidak perlu indent). Kali ini kami tambahkan bahwa beberapa mesin tertentu; terutama buatan Jepang; bila dirawat dengan baik, bisa digunakan hingga lebih dari 5 tahun. Bayangkan keuntungan yang anda dapatkan bila mesin anda bisa dipakai selama itu.

6. Kredit Mesin

Harus diakui, kadang kendala terbesar untuk memulai usaha digital printing adalah dana. Kabar baik untuk anda; PT ASABA bekerja sama dengan BTMU-BRI Finance menyediakan program kredit mesin bagi anda.

Silakan klik di sini bila anda berminat untuk mendapatkannya.

7. Cari Peluang Baru

Peluang baru maksudnya bukan saja client baru, tapi juga bisnis baru. Misalnya bila selama ini sudah produksi banner, cobalah untuk bergerak di bidang garment dengan mencetak gambar untuk sablon digital.

8. Rekrutmen Karyawan

Tentu harus ada yang pintar design. Bisa dua pilihan. Menyewa jasa seseorang yang memang sudah jago dulu untuk bisa saling belajar dan mengajari (tidak pelit bagi ilmu dengan pegawai lainnya) atau memang belajar dari awal sekali. Spesifikasi pekerjaan mencakup (contoh):

1. Design gambar, edit foto, desain spanduk,
2. Membuat, sablon kop surat, kartu nama, amplop
3. Cetak brosur, flyer, banner dan cetakan lainnya.
Masukan lainnya menyebutkan bahwa untuk masalah desain grafis, perlu diketahui adanya dua golongan disain grafis: operator atau yang memang creative designer.
Biasanya operator komputer bisa mengerjakan kerjaan grafis, tetapi (kebanyakan) untuk pekerjaan setting-an. Ini tidak diperlukan pendidikan formal, bisa belajar secara otodidak, yang penting kenal/tahu program-program grafis.
Adakalanya pekerjaan grafis tidak bisa dikerjakan oleh operator grafis seperti ini, namun perlu seorang creative designer yang salah satu tugasnya adalah membuat konsep desain.

9. Fokus bisnis

Saat ini persaingan dalam bisnis digital printing sudah sangat keras. Bila anda melakukan perang harga dengan menurunkan harga serendah-rendahnya, maka anda akan segera kalah.

Sebaiknya fokus pada customer “high end”, yaitu customer yang menuntut kualitas hasil cetak yang tinggi. Customer seperti ini biasanya adalah perusahaan-perusahaan dan biasanya mereka rela untuk membayar sedikit lebih mahal asalkan kualitas hasil cetaknya bagus. Meskipun demikian, tentu saja anda harus tetap memberikan harga yang kompetitif.

Selain itu anda juga harus mempertimbangkan apakah anda akan berfokus pada printing indoor atau outdoor. Anda harus tahu kapan saat yang tepat untuk membeli mesin printing digital outdoor. Hal ini dikarenakan investasi untuk printer digital outdoor memerlukan dana yang lebih besar daripada printer digital indoor.

10. Dukungan Supplier

Dukungan supplier adalah sesuatu yang amat penting ketika memulai bisnis percetakan. Hal ini diperlukan untuk memastikan kelanjutan kegiatan operasional anda. Bayangkan bila printer digital printing anda rusak padahal supplier tidak mau tahu. Bagaimana anda dapat melanjutkan produksi?

Karena itu pilihlah supplier mesin digital printing yang sudah memiliki reputasi bagus. Akan lebih bagus lagi bila supplier itu tidak hanya bersedia memberikan dukungan teknis, tapi juga siap untuk memberikan konsultasi bisnis agar anda berhasil.

11. Pemasaran

Bagi bisnis cetak digital, pemasaran yang sering dilakukan dengan membagikan brosur, atau pamflet kepada masyarakat sekitar. Selain itu Anda juga dapat memasarkannya melalui berbagai media massa yang ada, mulai dari media cetak, media elektronik, maupun pemasaran melalui media internet. Selain itu Anda juga bisa memberikan diskon tertentu untuk pemesanan produk dalam jumlah yang banyak.

12. Kunci Sukses


Agar kualitas produk Anda memiliki desain yang menarik, sebaiknya cari karyawan yang memang ahli dibidang desain. Jika perlu, Anda bisa mengikuti kursus desain untuk meningkatkan keterampilan dalam mendesain. Kemudian beli peralatan yang diperlukan, dengan bertahap. Sehingga modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Apa Saja Jasa Pelayanan Digital Printing

  1. Digital Offset A3+
  2. Digital Printing Indoor – Outdoor
  3. Finishing Solution
  4. Separasi Film
  5. Print FLATBED
  6. Cuting Sticker
  7. Souvenir Printing
Analisa Ekonomi
Modal Awal
Mesin Cetak                                    Rp 150.000.000
3 Komputer, scanner, printer                   Rp  15.000.000
Total                                          Rp 165.000.000

Pendapatan (rata-rata order per bulan)
Banner (250 pcs x @ Rp 25.000 per pcs)         Rp   33.750.000
Id card (1.000 pcs x @ Rp 5.500 per pcs)       Rp    5.500.000
Kartu Nama (50 box x @ Rp.40.000 per box)      Rp    2.000.000
Finishing Solution (UV, Varnish, dll)          Rp.   2.500.000
Souvenir Printing (100 pcs x @Rp.20.000)       Rp.   2.000.000
Cuting Sticker (1000cm x @ Rp.250/cm)          Rp.   2.500.000   
Total pendapatan                               Rp   48.250.000

Biaya Operasional
Pegawai 5 orang                                Rp   10.000.000
Listrik + Air                                  Rp    1.500.000
Sewa tempat (Rp. 24 jta per tahun:12 bln)      Rp    2.000.000
Bahan baku cetakan ( kertas, tinta, dll)       Rp   10.000.000
Sewa domain internet(350rb:12Bln)              Rp       29.166
Total biaya                                    Rp   23.529.166

Laba
Rp   48.250.000 - Rp   23.012.166              Rp   25.237.834

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : Laba Per Bulan)       =     8 bulan

Semoga memberikan pencerahan

A3_uvindodotcom

 

 

 

 

 

desain-katalog-baru

 

 

 

 

 

 

usaha-digital-printing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: