Buzz Marketing: Senjata Ampuh Penjualan

Buzz marketing  sebuah Istilah yang masih asing terdengar ditelinga sebagian besar orang. Ini adalah strategi marketing yaitu teknik pra penjualan: kunci membuka kesuksesan produk dipasarkan ke masyarakat. Pra penjualan berfungsi memperbesar peluang produk anda terjual.

Nah masih berhubungan dengan itu, ada satu lagi formula yang perlu dipertimbangkan ketika anda berniat melaunching produk agar produk anda menciptakan kehebohan dan penjualannya meledak.

Apa itu? Inilah yang biasa disebut buzz marketing.

Menciptakan “buzz” sekarang wajib dilakukan kalau anda ingin bisnis anda meledak. Entah anda mau menjual produk informasi, jilbab, mesin, atau apapun, membuat “buzz” merupakan strategi tepat membuat produk anda lekas terkenal.

Tapi apa sebenarnya arti buzz marketing?

Istilah buzz marketing sendiri ada yang menyebutnya sebagai grass-roots marketing, centrifugal marketing, guerrilla marketing, atau “word of mouse” (yang diambil dari kata “word of mouth”).

Tapi dari berbagai istilah tersebut kurang lebih maksudnya sama. Buzz marketing intinya upaya menciptakan kondisi agar produk, layanan, perusahaan atau apapun yang akan anda launching menjadi perbincangan banyak orang.

Contoh paling mudah dari keberhasilan buzz marketing seperti penjualan buku Harry Potter. Sebelum diluncurkan, semua orang sudah heboh membincangkannya dan bahkan rela memesannya jauh-jauh hari. Serupa juga yang terjadi dengan novel “Laskar Pelangi”-nya Andrea Hirata. Sekalipun awalnya penjualannya kalem-kalem saja, namun setelah buzz marketing berhasil diterapkan, penjualannya langsung melesat drastis.

Kalau di online, contohnya dulu yang sangat terkenal adalah Hotmail. Sebagai salah satu pelopor layanan email gratis, Hotmail sempat menciptakan kehebohan dan langsung meledak pemakainya. Penyebabnya adalah adanya pesan ajakan bergabung ke Hotmail yang dicantumkan di bawah setiap email yang dikirim. Jadi siapapun yang menerima email tersebut pasti akan membacanya.

Kalau sekarang mungkin yang cukup berhasil menciptakan buzz adalah Facebook. Kerap mungkin anda mendapat email yang mengajak bergabung di Facebook. Atau mungkin saat ngobrol dengan teman ditanya punya FB tidak.

Jadi Buzz marketing adalah teknik pemasaran viral yang mencoba untuk membuat setiap pertemuan dengan konsumen dengan informasi spontan bukan promosi pemasaran. Secara historis, kampanye pemasaran buzz telah dirancang untuk menjadi sangat teatrikal. Pengiklan mengungkapkan informasi tentang produk atau layanan hanya untuk target audiens. Dengan sengaja mencari percakapan yang sangat mempengaruhi orang banyak, pemasar gebrakan membuat kampanye dari mulut ke mulut (word-of-mouth) yang canggih di mana konsumen tersanjung dan bersedia menyebar kata untuk teman-teman mereka.

Nah bagaimana buzz marketing itu bisa terjadi?

Proses buzz marketing bermula dari menarik perhatian konsumen dan media yang membuat produk, jasa, atau layanan bisnis internet anda menjadi layak untuk jadi bahan perbincangan.

Apa kira-kira dari produk/layanan anda yang bisa menarik perhatian konsumen dan media untuk membincangkannya? Kurang lebih itu pertanyaan kunci yang harus anda jawab ketika berniat menciptakan buzz marketing.

Bisa mungkin dari produknya sendiri. Artinya produk anda memang beda, bagus, dan tak ada duanya. Atau bisa juga dari cara marketingnya. Contoh seperti yang dilakukan Tung Desem Waringin saat mempromosikan bukunya dengan cara membagikan uang dari pesawat.

Dari kehebohan itu kemudian berita menyebar dengan sendirinya. Setiap orang akan membicarakannya. Konsumen dengan senang hati akan mengabarkan kepada orang-orang di sekelilingnya. Bahkan mungkin saking semangatnya, pesan yang disampaikan dilebih-lebihkan.

Namun yang jelas, kalau buzz marketing anda berhasil, pasti pertumbuhan penjualan produk/layanan bisnis internet anda terjadi sangat cepat. Dan asalkan buzz marketing itu bisa dijaga perkembangannya sesuai yang anda inginkan, maka ledakannya akan semakin besar.

Bagaimana? Ada ide buzz marketing apa di benak anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: