Ubahlah Gaya Hidup, Diabet akan Jauhi Anda

Liputan6.com, Baltimore: Mengubah gaya hidup, akan menjadi obat diabetes terbaik. Metode kuno ini terbukti bekerja lebih ampuh dibanding obat-obatan modern di pasaran. Pernyataan tersebut dipublikasikan dalam sebuah studi di Annals of Internal Medicine, seperti dilansir LiveScience, Senin (21/3) waktu setempat.

Jurnal kesehatan New England dalam Program Pencegahan Diabetes Nasional menemukan fakta bahwa perubahan gaya hidup bekerja dua kali lebih efektif daripada obat, contohnya metformin. Obat yang telah diakui Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) itu mampu mengontrol level gula darah dengan sedikit efek samping.

Sekolah kedokteran Johns Hopkins di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, mencoba membandingkan metmormin dengan obat diabetes lain, Avandia dan Actos. Hasil penelitian menyebut metformin merupakan pilihan tepat untuk mengobati diabetes tipe 2. Kenyataan ini seakan menampar industri farmasi karena investasi jutaan dollar pada produk terbaru terbilang gagal.

Terlepas dari hasil studi, sejumlah praktisi kesehatan tetap meyakini perubahan gaya hidup adalah metode terbaik. Untuk menjalani cara ini, studi AHEAD memiliki beberapa tips dan trik, diantaranya mengontrol porsi makanan, olahraga 30 menit setiap hari, serta pertemuan rutin antar sesama penderita diabetes.

Efek samping dari cara di atas hanya satu: kerja keras. Jika ingin sembuh dari penyakit diabetes, para penderita kini dihadapkan pada dua pilihan. Berharap sembuh dengan mengubah gaya hidup secara keseluruhan, atau berharap sembuh dengan mengonsumsi lusinan obat dengan efek samping yang terkadang mematikan, mulai dari serangan jantung hingga kanker kandung kemih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: