Tips Cara Mempercepat Blackberry

Masalah yang kerap terjadi pada Blackberry anda adalah cenderung ‘lambat’  dan mulai muncul kursor loading seperti jarum pasir yang terus menerus berputar jika terlalu banyak data yang tersimpan di dalam perangkat. Hal ini tentu sangat mengganggu anda dalam menggunakan handphone cerdas keluaran RIM tersebut. Itulah sebabnya mengapa memory external memberikan peran yang cukup penting di Blackberry. Ada berbagai penyebab mengapa Blackberry anda ‘lemot’ umumnya banyaknya file ‘sampah’ yang terdapat dalam blackberry anda terjadi akibat anda lupa menutup aplikasi yang anda jalankan sebelumnya sehingga mengkonsumsi penggunaan memory yang boros. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menyiasati supaya loading / akses Blackberry tambah kencang dan tidak ‘lemot’.

1. Memoryup Personal

Gunakan aplikasi Memoryup Personal untuk Me-refresh memori di BlackBerry. Aplikasi ini bisa diperoleh secara gratis di BlackBerry App World yang mampu membersihkan dan  memberikan infomasi berapa kapasitas memori yang sudah terpakai.
Cara untuk membersihkannya, setelah unduh silahkan masuk ke aplikasi tersebut, dan menekan ikon BlackBerry Anda. Pilih menu ‘Quick Boost‘, lalu tekan. Biarkan Memoryup Personal yang akan bekerja, biasanya akan ada 7 tahapan ‘pembersihan’.

2.Memori Internal Yang Cukup

Pastikan memori internal anda tetap dalam kapasitas yang cukup.

3.Fungsikan penyimpanan Media Card External

File-file multimedia anda pastikan disimpan di dalam Media Card/Storage Card dan bukan di memory internal.

4. Membersihkan Cache Browser

Setelah kita melakukan browsing dengan menggunakan alat peramban di BlackBerry, perangkat ini secara otomatis akan menyimpan ‘histori’ dari situs yang telah kita buka. Ini secara tidak langsung, ini dapat membuat BlackBerry kita menjadi lambat.

Cara membersihkannya cukup mudah, saat Anda membuka salah satu situ di browser BlackBerry, tekan ikon BB Anda, lalu pilih ‘Go To’, lalu tekan tanda BB lagi, pilih ‘Option’, lalu ‘Cache Operation’, setelah itu tekan ‘Clear history, lalu tekan ‘Clear’. Histori situs di browser ini pun telah dihapus.

5.Refresh Baterai

Biasakan mencabut baterai setiap 2-3 hari sekali untuk menghapus sisa-sisa fileyang tidak terpakai.

6.Shortcut Untuk Refresh Memory

Berikut ini beberapa shortcut yang bisa membantu,

– Untuk melihat sisa file atau file free, jangan habis kan waktu anda untukmembuka Options > Status. Cukup tekan “Alt” + “Left Shift” + “Letter H” secara bersamaan. shortcut ini akan menunjukkan info-info vital status Blackberry.
– Untuk mereset Blackberry pun tak perlu lagi mencabut baterai. Cukup tekan “Alt” + “Right Shift” + “Del” dan Blackberry anda akan langsung te-reset, sama seperti mencabut baterai.

7. Cleaning memory

Fungsinya hampir sama dengan Memoryup Personal, namun ini jauh lebih spesifik. Caranya, pilih ‘Option’, lalu pilih ‘Security Option’, setelah itu akan muncul ‘Memori Cleaning’, ubah ‘disable’ menjadi ‘enable’, setelah diubah ke enable tekan BB, lalu pilih ‘Clean Now’, tunggu proses selanjutnya.

8.Event Log

Bersihkan Event Log pada home screen dengan mengetik ‘ALT’ + huruf ‘L’ + ‘G’ + ‘L’ + ‘G’.

9. Me-Delete Aplikasi yang Di-Unistall

Aplikasi yang tidak digunakan lagi memang dengan mudah dengan cara delete saja. Namun, hal tersebut tidak membuat aplikasi yang di-delete akan sepenuhnya terhapus. Ini akan sangat mengganggu jika update dari aplikasi tersebut akan muncul, dan tidak sesuai dengan OS yang digunakan. Satu-satunya jalan adalah dengan cara menghapus permanen.
Caranya adalah, masuk ke BB App world, masuk ke My World yang ada di bawah kanan. Setelah masuk, lalu tekan ALT dengan R, S, T secara berbarengan.
Tips ini berlaku untuk semua type BlackBerry, baik Curve, Pearl, Boldataupun Storm. Berikut tips yang dapat bermanfaat untuk perawatan BlackBerry Anda:
1. Usahakan tiap 2-3 hari sekali, cabut/lepas baterai BlackBerry ponsel Anda, dan diamkan selama 1-2 menit, ini fungsinya untuk membuang dan menghapus sisa-sisa file yang tidak terpakai akibat proses chatting maupun browsing.

2. Anda juga bisa melakukan secara rutin Cleaning Memory, dengan cara pilih Options, Security Options, Advanced Security Options, kemudian pilih fitur Cleaning Memory dan pilih modus Enable untuk mengaktifkannya.
3. Setiap 2-3 hari sekali,lakukan Host Routing Table, dengan cara pilih Options, Advanced Options, pilih Host Routing Table, tekan tombol logo BlackBerry icon Anda dan pilih Register Now.

4. Setelah step ke 3 diatas, lakukan juga tiap 2-3 hari sekaliDiagnostic Test, ini sangat penting. Karena lewat inilah kelihatan dilayar apakah smartphone BlackBerry kita terkoneksi semua, baik PIN, Register maupun koneksi Email. Dengan cara, pilih Options, Mobile Network, setelah itu tekan logo BlackBerry icon Anda ,pilih Diagnostic Test, lalu tekan lagi tombol logo BlackBerry icon, pilih RUN, biarkan sampai proses berjalan selesai. Jika saat Anda selesai memproses fitur ini, Anda mengalami kegagalan, ulangi kembali agar hasil diagnostic test Anda tidak ada yang gagal.

Lakukan langkah-langkah tersebut secara rutin selama 2-3 hari sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: