Cara Membuat Blog Gratis Dengan Domain co.cc

Klik submit,Dalam artikel ini, saya ingin membagikan info cara buat blog gratis dengan menggunakan nama/domain .co.cc . Caranya buatnya cukup mudah, hanya memerlukan sedikit ketekunan karena langkahnya agak panjang.

Langsung saja ke pokok permasalahan. Untuk membuat website/blog, anda memerlukan 3 hal :

  1. Domain/nama website (misal : fitness-video.co.cc ),
  2. Hosting ( tempat menaruh semua file blog anda nantinya ), dan
  3. Script blog yang siap pakai ( wordpress ).

Ada 3 pilihan saat anda ingin membuat blog. Pilihan pertama adalah nebeng di blogger.com/wordpress.com , pilihan kedua adalah memakai nama gratis/domain gratis, pilihan ketiga adalah memakai domain berbayar. Disini saya akan menjelaskan membuat blog gratis dengan domain yang gratis juga.

Langkah pertama adalah membuat nama domain yang anda mau dulu. contoh: duitgratis.co.cc, downloadgratis.co.cc,dll.

Daftar lewat banner di bawah ini, lalu buat nama domain yang anda inginkan.

CO.CC:Free Domain

Setelah anda mendaftarkan nama domain yang anda mau, set up domain anda dengan DNS server1 : ns1.0fees.net dan DNS server2 : ns2.0feet.net

Sekarang anda telah memiliki domain anda sendiri, maka selanjutnya anda memerlukan sebuah hosting gratis untuk menaruh file blog anda agar dapat dilihat oleh semua orang.

Langkah kedua : daftar di hosting gratis

Klik http://www.0fees.net

Klik order now lalu isi semua data anda. Untuk site category, pilihlah personal. Klik register, lalu klik tombol “click me to continue” di halaman berikutnya.

Selanjutnya anda akan diminta mengisi CAPTCHA. Lalu anda akan diminta  memverifikasikan email anda. Cek email yang dikirimkan dari 0fees.net lalu klik link yang ada di email tersebut.

Setelah mengklik link tersebut anda akan diminta mengisi CAPTCHA lagi. Lalu anda dapat melihat informasi account anda di 0fees.net. Save halaman tersebut karena akan sangat berguna saat penginstallan blog nantinya. Klik “download my account settings” jika anda ingin copy halaman tersebut dalam bentuk dokumen pdf.

Jika sudah, saatnya anda login ke control panel untuk mulai membuat database untuk blog anda nantinya.

login disini -> http://cpanel.0fees.net

Setelah anda login, anda harus menambahkan domain anda terlebih dahulu. Klik Addon Domains di bawah Domains (yang ada gambar bola dunia), setelah itu masukkan domain yang telah anda buat sebelumnya ( pastikan anda mengisinya dengan benar ).

catatan : anda harus menunggu 1-3 hari sampai domain yang telah anda buat dapat bekerja. ( perlu waktu untuk mengarahkan DNS server ke hosting yang dituju )

Untuk menginstall blog, anda harus membuat database terlebih dahulu. KlikMySQL Databases dibawah Database Management. lalu buatlah sebuah database baru dengan nama blog. Sebenarnya nama ini bebas anda buat semau anda, tetapi kalau anda pemula, ikuti saja langkah ini.

Jika anda sudah selesai membuat database, maka selanjutnya anda akan memasuki tahap terakhir, yaitu penginstallan script blog wordpress. Sebelumnya, anda harus mendownload scriptnya dulu.

Langkah ketigadownload script blog wordpress disini

Sudah di download ? Selanjutnya anda harus menguploadnya lagi ke server hosting anda.

Masuklah ke dalam cpanel hosting anda, lalu klik Online File Manager di bawah File Management. Setelah anda sampai pada file manager, klik pada nama domain anda kemudian klik htdocs. Lalu klik tombol upload untuk mengupload script blog yang telah anda download tadi.

Jika sudah, anda dapat mengupload script blog melalui form yang sebelah kanan. Jangan mengupload lewat form yang sebelah kiri, karena form sebelah kiri itu untuk file biasa, sedangkan form sebelah kiri khusus untuk file berformat zip.

Cara upload : pilih script blog yang telah anda dowload sebelumnya, lalu klik tanda centang hijau di sudut kiri atas. Proses ini memakan waktu beberapa menit, tergantung kecepatan koneksi internet anda.

Jika sudah, anda hanya tinggal menginstall scriptnya saja.

Caranya :

  1. Ketikkan nama domain yang telah anda buat sebelumnya di browser. Tapi sebelum anda memasuki tahap ini, anda harus yakin domain anda sudah dapat diakses. Jika semuanya telah benar, maka anda akan melihat halaman dengan tombol ” Create A Configuration File“,
  2. Klik tombol tersebut. Jika halaman yang anda lihat saat coba mengakses domain anda adalah halaman lainnya, maka anda harus menunggu dulu,
  3. Klik tombol “Let’s Go”,
  4. Isikan data-data yang diminta. Untuk ini, anda harus melihat informasi account anda yang anda simpan sebelumnya. Database name dapat anda isi dengan fees0_NoAccountAnda_blog . Username dapat anda isikan dengan fees0_NoAccountAnda
    . Password harus anda isi dengan password hosting anda. Untuk Database host, anda dapat mengisinya sesuai dengan informasi account anda. Dan form table prefix tidak perlu anda utak-utik,
  5. Klik submit,
  6. Klik Run The Install,
  7. Isikan Blog Title dengan judul blog yang anda inginkan. Usahakan judul blog ini berkaitan dengan content blog anda nantinya. Isikan juga email anda,
  8. Klik Install WordPress,
  9. Copy password yang disediakan, lalu klik login,
  10. Login ke account anda. Dan Selamat ! Anda sudah punya blog dengan domain .co.cc

4 Tanggapan

  1. mas/mb…tolong donk,
    gw mo bikin blog sesuai langkah yang di tulis ma agan disini
    https://hardyminhard.wordpress.com/2010/07/14/cara-membuat-blog-gratis-dengan-domain-co-cc/

    nah udah mpe tahap ini di download g bisa…minta link nya donk mas/mb…^^
    Langkah ketiga : download script blog wordpress disini
    ane lg latihan bikin blog…mohon bantuannya…makasih ^^

  2. ga ad yang gratis ga

    • skr agak susah buat blog dgn domain co.cc.. pengalaman sy setelah bisa diaktifasi selang 1 bulan sudah ga bisa aktif jadi sy pilih kembali lagi ke domain semula

  3. ilang dot co dot cc ada yg tahu gak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: