Cara Duduk Penyebab Ban Motor Botak

Seringkali pengendara motor mengeluhkan permukaan ban motor mereka yang cepat aus atau habis. Penyebabnya karena tekanan angin kurang atau berlebih, bisa juga karena beban, pengereman yang berlebih, material ban, hingga faktor cuaca seperti musim kemarau yang bisa membuat permukaan ban lebih gampang aus. Tapi bagaimana kalau ausnya tidak merata, seperti hanya aus dibagian kanan atau kiri ban saja. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:
1. Kemungkinan velg (pelek) motor tidak balance. Jika motor menggunakan velg jari-jari (spoke), sebaiknya distel ulang. Namun bila Anda menggunakan velg racing dan sudah retak atau tidak bisa disetel ulang, demi keselamatan sebaiknya ganti velg racing dengan yang baru.

2. Laher sudah oblak. Karena itu ceklah lahernya dengan teliti. Bila motor menggunakan dua sokbreker, cek sokbreker kiri dan kanan. Bisa jadi volume olinya tidak sama, atau posisinya miring sebelah, atau mati sebelah.

3. Pemasangan ban belakang dan ban depan tidak lurus, namun jangan berpatokan pada strip, tapi patokannya pada kelurusan ban. Satu lagi, coba cek bushing swing arm. Bila sudah oblak segera ganti karena hal ini juga dapat mengakibatkan ban habis tidak merata.

4. Jangan salah, cara duduk penegendara di motornya juga berpengaruh. Duduk yang tidak memusat, atau duduk yang agak miring sebelah bisa jadi menjadi penyebabnya. karena tumpuan beban menjadi berat sebelah. Pemicu lainnya adalah bila pembonceng seringkali duduk terlalu ke kiri atau kanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: