Kurang Tidur Akibatkan Kematian Dini

Banyak orang menganggap kurang tidur merupakan hal biasa padahal menurut sebuah penelitian dari Universitas Pennsylvannia, kekurangan tidur sama berbahaya dengan tidak tidur.

Para peneliti menemukan orang yang tidur hanya empat sampai enam jam per malam bereaksi lebih lambat dibanding mereka yang tidur selama delapan jam. Kondisi ini juga sama pada mereka yang tidak tidur selama dua malam walaupun mereka mengatakan tidak merasa lelah padahal ini adalah awal dari sebuah masalah.

Menurut penelitian orang dewasa membutuhkan tidur selama delapan jam dalam satu hari. Jumlah ini akan bervariasi dari satu orang ke orang lain tergantung jumlah kegiatan yang dilakukan.Penelitian yang dilakukan pada 48 orang dewasa sehat yang berumur 21 sampai 38 tahun, usia dimana paling dikaitkan dengan kekurangan tidur akibat tuntutan pekerjaan.

Kekurangan tidur mungkin tidak terlalu berpengaruh pada penampilan rutinitas sepanjang hari namun dapat memicu masalah fisik seperti:

Obesitas: Tidur memegang peranan dalam kemampuan tubuh untuk mengeluarkan neurohormon karena ketika jumlah pengeluaran hormon menurun, kesempatan bertambah berat badan meningkat.

Tekanan darah: Tekanan darah secara alami akan turun selama tidur. Namun akibat kekurangan tidur dapat memicu hipertensi dan masalah kardiovaskular.

Diabetes: Kemampuan tubuh menggunakan insulin dapat terganggu akibat kekurangan tidur sehingga memicu diabetes.

Menurut National Sleep Foundation dalam sebuah polling tahun 2002 di Amerika ditemukan sebanyak 47 juta orang dewasa tidak mendapatkan jumlah minimal tidur yang mereka butuhkan setiap malam.

Naah…jangan sepelekan istirahat ya..Mari kita coba atur porsi bekerja dan istirahat kita sebaik mungkin agar terhindar dari penyakit di kemudian hari.

Jangan remehkan kebiasaan mengurangi waktu tidur setiap malam. Sebuah studi yang digagas Universitas Warwick dan Federico II University Medical School menunjukan individu yang tidur kurang dari enam jam di malam hari beresiko meninggal lebih awal.

Dari sejumlah riset, peneliti mengklaim adanya bukti konkrit keterkaitan antara kurang tidur dan kematian.

Peneliti mencatat, individu yang tidur kurang dari enam jam setiap malam, 12 persennya beresiko meninggal sebelum memasuki usia 65 tahun. Sebaliknya mereka yang tidur memenuhi kuota mengalami kecenderungan panjang umur.

Namun, peneliti juga mencatat bahwa tidur terlalu banyak dikaitkan dengan kematian dini. Mereka yang tidur selama lebih dari sembilan jam setiap malam 30 persennya beresiko meninggal lebih awal.

Akan tetapi peneliti juga menemukan hasil riset yang dipublikasikan dalam jurnal yang sama, minggu lalu, menunjukan bahwa individu yang tidur selama sepuluh jam atau lebih, mampu mencapai umur satu abad.

Perdebatan lama atau tidaknya kuantitas jam tidur tidak berhenti sampai disitu. Hasil riset lain menunjukan alokasi waktu tidur yang panjang merupakan tanda penyakit yang memicu depresi, minimnya aktivitas fisik dan beberapa jenis kanker.

Profesor Francesco Cappuccio, peneliti dari University of Warwick dan Konsultan kesehatan di Rumah Sakit Universitas Coventry dan Warwickshire NHS Trust, mengatakan meski jam tidur yang pendek cenderung identik dengan gangguan kesehatan, jam tidur panjang juga diyakini sebagai indikator gangguan kesehatan.

“Masyarakat modern lebih cenderung mengalami pola pengurangan jam tidur. Pola ini umum terjadi pada kalangan pekerja paruh waktu dan hal itu menunjukan adanya tekanan yang lebih lama. Di sisi lain, penurunan taraf kesehatan juga disebabkan panjangnya jam tidur,” tukasnya seperti dikutip dari Telegraph.

Ia menuturkan menjalani pola tidur enam sampai delapan jam per malam secara konsisten dianjurkan bagi kesehatan. Durasi tidur bisa menjadi penanda perilaku yang sangat dipengaruhi lingkungan. Hal itu bisa berubah melalui pendidikan dan konseling serta melalui tindakan masyarakat yang ditujukan untuk memodifikasi hal yang menguntungkan dari lingkungan sosialnya.

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: