Penyakit Datang Dari apa Yang Kita Makan – Pedoman Makan

Dalam beberapa hal pemahaman kita terhadap makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari terdapat kesalahan, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan kita baik secara langsung maupun dalam jangka panjang.

Berikut beberapa hal yang patut kita ketahui :

1. Sering makan setelah lewat jam makan malam dapat berisiko terkena kanker lambung, karena maag tidak dapat beristirahat.

2. Hindari mengonsumsi tunggir (brutu) ayam, karena mengandung zat penyebab kanker.

3. Mengonsumsi buah sebaiknya sebelum makan nasi, bukan setelah makan nasi. Karena komposisi utama buah-buahan adalah fruktosa dan dia tidak perlu melalui pencernaan dalam lambung, bisa langsung masuk usus kecil dan diserap oleh tubuh.

Golongan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein perlu dicerna lambung selama 1-2 jam, bahkan lebih lama, baru bisa masuk ke usus kecil untuk diserap tubuh.

Bila setelah makan nasi segera makan buah, maka protein dan karbohidrat yang pencernaannya lamban akan menghambat buah-buahan yang pencernaannya cepat itu, semua tercampur jadi satu dalam lambung. Buah-buahan pada suhu tubuh 35-36 derajat selsius mudah busuk dan menimbulkan zat racun dan gas lambung mengakibatkan penyakit lambung dan usus.

Paling baik berikan lambung waktu untuk mencerna makanan lainnya, setidaknya 0,5 jam setelah makan nasi.

4. Saat haid sebaiknya jangan minum teh hijau atau sejenis teh lainnya. Paling baik mengonsumsi makanan yang dapat menambah darah. Karena segala jenis teh bisa menghambat tubuh untuk menyerap zat besi yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan.

5. Saat mengonsumsi susu kedelai jangan tambahkan telur maupun gula, juga hindari minum terlalu banyak. Tripsin yang terkandung dalam susu kedelai mudah menyatu dengan protein telur yang bersifat merekat.

6. Saat kondisi perut dalam keadaan kosong, hindari mengonsumsi buah tomat, lebih baik setelah makan nasi, karena rasa asamnya bisa mengganggu lambung.

7. Setiap bangun pagi minumlah 1 gelas air putih, dapat menghindari risiko terkena batu empedu.

8. Berhentilah mengonsumsi makanan tiga jam sebelum tidur, karena dapat menyebabkan kegemukan.

9. Kurangi mengonsumsi teh susu karena mengandung kalori tinggi dan tidak ada nilai gizinya. Jika mengonsumsi jangka panjang akan terkena risiko hipertensi, diabetes dan lain sebagainya.

10. Hindari mengonsumsi roti yang baru keluar dari panggangan oven. Karena roti pada saat itu masih dalam keadaan meragi, kalau segera dimakan mudah mengakibatkan sakit lambung, maka dinginkan terlebih dulu sedikitnya selama 2 jam baru makan lebih aman.

11. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, karena lambung membutuhkan waktu 5-7 jam untuk mencernanya. Selain itu juga dapat mengakibatkan darah di otak akan terfokus ke lambung dan usus, sehingga mudah merasa ngantuk.

12. Kurangi mengonsumsi makanan berat setelah pukul 17.00 sore, karena tubuh sudah tidak membutuhkan banyak kalori.

13. Beberapa makanan yang dapat menimbulkan perasaan gembira bila dikonsumsi, yakni ikan laut dalam, pisang, anggur, roti gandum, sayur bocai, suana, beligo, susu non fat, daging ayam.

Dikutip dari: MAKING LIFE BETTER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: