Fungsi Ginjal Yang Mengangumkan

Peran ginjal terkadang sering diabaikan dibandingkan dengan organ – organ lainnya. Padahal ginjal mempunyai peran yang sangat vital bagi bekerjanya tubuh kita dalam melakukan aktivitas sehari hari. Begitu pentingnya sehingga manusia diberikan dua ginjal sebagai cadangan untuk menjaga kemungkinan salah satu ginjal rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Manusia tidak akan dapat bertahan hidup lebih lama apabila kedua ginjal nya berhenti bekerja.

Ginjal merupakan sepasang organ yang mempunyai fungsi utama untuk membuang sisa-sisa metabolisme dan kelebihan cairan dalam tubuh. Ketika makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh kita, tubuh akan mengambil nya untuk energi, nutrisi dan membuang sisa – sisa yang tidak digunakan. Sisa metabolisme yang ada dalam darah serta kelebihan cairan inilah yang kemudian di saring oleh ginjal kita. Setiap harinya ginjal mampu menyaring sekitar 200 liter darah yang kemudian dari jumlah tersebut sekitar 2 liter kelebihan cairan dan sisa – sisa metabolisme dalam bentuk urin yang kemudian dikumpulkan kedalam kandung kemih dan akhirnya dibuang keluar dari tubuh kita.
Ukuran Ginjal normal adalah panjang sekitar 11 cm dan lebar 6 cm dengan ketebalan lebih kurang 2.5 cm serta berat sekitar 150 gram. Ginjal sebelah kanan terletak lebih rendah dari ginjal sebelah kiri. Lokasi ginjal terletak di punggung sebelah belakang sedikit diatas pinggang  kita. Ginjal kita merupakan bagian dari sistem saluran kencing (urinary system) yang ada dalam tubuh kita (lihat gambar bawah).
FUNGSI GINJAL

Menyaring,membersihkan dan membuang kelebihan cairan dan sisa – sisa metabolisme dalam darah.

Di dalam ginjal terdapat jutaan elemen kecil yang dinamakan nephron, dimana setiap nephron memiliki unit penyaring dinamakan glomerulus. darah yang masuk ke dalam glomerolus akan di saring dan kelebihan cairan dan racun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dibuang. Sementara itu darah yang telah bersih akan kembali ke mengalir ke tubuh. Sampah tersebut kemudian dibawa dari ginjal ke kandung kemih untuk disimpan dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Sekitar 200 liter cairan yang disaring oleh ginjal setiap harinya namun hanya sekitar 2, 4  liter saja yang dikeluarkan sebagai urin, sedangkan sisanya diserap kembali ke dalam tubuh.
Membantu memproduksi sel – sel darah merah.

Ginjal kita mempunyai peran yang sangat vital dalam memproduksi sel darah merah dalam darah melalui proses sekresi hormon yang dinamakan erythropoeitin. sekitar 80 sampai 90 persen erythropoetin diproduksi dalam ginjal. erythropoietin akan dikeluarkan apabila kadar oksigen dalam jaringan rendah, dan kemudian akan menuju ke tulang belakang yang menstimulasi pembuatan sel darah merah.

Memproduksi hormon yang mengatur dan melakukan kontrol atas tekanan darah.

Ginjal dan tekanan darah mempunyai keterikatan yang sangaat kuat, dimana ginjal berfungsi untuk memonitor tekanan darah dan melakukna koreksi terhadap ketidakseimbangan tekanan darah. Apabila ginjal measakan bahwa glomeruli tidak mendapatkan cukup aliran darah, maka ginjal akan mensekresi hormon yang dinamakan renin. Dengan dikeluarkannya renin menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah meningkat GInjal juga dapat meningkatkan tekanan darah dengan cara mengurangi pengeluaran garam dan air.
Disisi lain, ginjal juga mempunyai kemampuan untuk menurunkan tekanand arah. Apabila tekanan darah naik maka ginjal dapat meningkatkan pengeluaran garam dan air, menurunkan volume darah serta menormalkan kembali tekanan darah.

Membantu menjaga tulang tetap kuat

Ada 3 hormon utama yang diproduksi oleh ginjal yaitu :

Renin – yaitu hormon yang terkait dengan tekanan darah.
Erythropoetin – yaitu hormon yang membantu pembuatan sel darah merah. Penderita gagal ginjal biasanya kekurangan sel darah merah (anemia) yang menyebabkan keletihan serta dapat merusak hati, sehingga penderita biasanya membutuhkan injeksi erythropoetin.
Calcitriol – yaitu hormon yang membantu tubuh menyerap kalsium pada makanan. Tanpa bantuan hormon tersebut, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang yang mana untuk jangka panjang hal tersebut dapat menyebabkan penyakit tulang.

Untuk Diperhatikan :
Informasi dan rekomendasi dari materi yang terdapat di website ini ditujukan untuk keperluan edukasi dan hanya mengandung informasi yang bersifat umum dan tidak untuk saran yang spesifik kepada individu tertentu. Silahkan berkonsultasi dengan dokter untuk untuk keperluan informasi yang lebih detail.

Sumber: YGDI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: