Hentikan Makan Sayur Mentah

TRIBUNNEWS.COM – Jika selama ini kita terbiasa menikmati tomat mentah, ada baiknya mengubah kebiasaan dengan cara memanggangnya terlebih dahulu. Sebab kandungan likopen yang banyak di dalam tomat akan lebih keluar pada saat dipanggang.

Pada dasarnya, tomat mentah sangat kaya akan likopen, sejenis karotenoid yang membuat warnanya jadi merah. Likopen inilah yang merupakan antioksidan yang sangat berpengaruh untuk menurunkan risiko terhadap berbagai jenis kanker dan penyakit jantung.

Dan penelitian yang dilakukan di Jerman, menyarankan agar kita sebaiknya tak mengonsumsi semua sayuran dalam keadaan mentah. Sebab dari pengamatan terhadap 198 orang yang menjalani diet makanan mentah, 77 persen diantaranya punya kadar likopen dalam plasma darah yang lebih rendah daripada normal.

Ketika diamati, penelitian yang sudah dipublikasi dalam British Journal of Nutrition, memanggang tomat akan melepaskan kandungan likopen yang terendap di dinding sel buah. Agar khasiatnya semakin maksimal dalam tubuh, percikkan minyak zaitun pada tomat ceri, lalu panggang di oven hingga kulitnya pecah, saran Ellie Krieger, RD., penulis buku So Easy. Likopen adalah senyawa larut dalam lemak dan minyak zaitun mempermudah proses penyerapannya oleh tubuh (prevention.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: