Tips meningkatkan alexa rank

Alexa Rank menjadi penting dalam sebuah blog karena ada beberapa website layanan iklan komersil yang memberikan syarat ranking Alexa dalam batasan tertentu. ReviewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews adalah 3 diantaranya dan masih banyak lagi. Jikapun kita tidak berkeinginan menggunakan layanan iklan komersil atau tidak ingin menjadikan blog kita sebagai monetize blog, peningkatan ranking Alexa bisa dipandang sebagai upaya untuk melakukan sedikit optimasi yang bisa bermanfaat bagi kwalitas blog.

Apa itu Alexa Rank?

Sebelum ke cara-cara meningkatkan Alexa Rank, ada baiknya Anda mengetahui dulu apa itu Alexa Rank. Bila disederhanakan, Alexa Rank adalah ranking trafik sutu situs atau blog

Adapun menurut situs Alexa.com, alexa rank dihitung berbasis aggregat trafik 3 bulanan dari jutaan pengguna Alexa Toolbar dan merupakan sebuah ukuran kombinasi dari page views dan pengunjung. Pada tahap pertama, Alexa menghitung jumlah pengunjung dan jumlah page views untuk semua situs dan blog secara harian.

Dari definisi tersebut, maka yang berperan penting dalam alexa rank adalah Alexa Toolbar, jumlah pengunjung, dan jumlah page views yang dihitung berdasarkan jumlah orang yang mengunjungi situs/blog bersangkutan dengan alexa toolbar terinstal di browser yang digunakannya.

8 Tips Untuk Meningkatkan Ranking Alexa :

1. Alexa Traffic
Langkah yang paling dasar : Get lot of site traffic! Karena ide awal dari Alexa rank adalah untuk menentukan website mana yang memiliki traffic paling banyak dengan asumsi, banyak traffic = lebih populer. Yep, Alexa pada dasarnya adalah ranking popularistas suatu website.

2. Alexa Toolbar
Menggunakan browser yang terinstall toolbar Alexa bisa ningkatin ranking website kamu. Ada dua cara mudah menginstal alexa toolbar. Jika Anda menggunakan Internet Explorer, download Alexa Toolbar for Firefox atau SearchStatus extension yang akan menampilkan Alexa Rank, Google Rank, dan juga fitur-fitur berguna lain dan jika anda menggunakan Mozilla Firefox instalah add on “Firefox’s SearchStatus extension” and setting blog Anda sebagai homepage di komputer AndaSebenarnya bukan hanya websitemu, setiap website yang dikunjungi browser yang terinstall toolbar Alexa juga mendapat “nilai” yang akan diperhitungkan dalam ranking. Lalu, bukankah pengunjung pasti dari websitemu adalah dirimu sendiri? So, kalau browsermu sudah terinstall toolbar, maka penambahan point ranking akan terjadi secara otomatis! Nah, toolbar Alexa tersebut bisa di install melalui link berikut :

3. Alexa Widget
Pasang Alexa site stat widget di websitemu. Alexa site stat ini mengandung javascript yang mengantarkan setiap data pengunjung (ping) ke server Alexa sehingga statistik Alexa menjadi lebih akurat. Scriptnya bisa diambil di sini. Tinggal copy paste. Ga perlu malu pasang Alexa widget yang gede, untuk mencapai hasil yang diinginkan tentunya ada harga yang harus dibayar kan? Siapa sangka dulunya ranking 3 juta-an sekarang ranking 300 ribuan?

4. Alexa Redirection
Gunakan Alexa redirection setiap berkunjung ke websitemu. Formatnya seperti berikut:

http://redirect.alexa.com/redirect?www.resep.web.id

(Ganti http://www.www.resep.web.id dengan URL websitemu)
Alexa Redirection sudah tidak berfungsi lagi. Setiap loading page dengan link ini akan muncul pesan 404.

404 Not Found
The requested URL /redirect was not found on this server.

5. Alexa Blog/Content
Tulis/blog tentang Alexa di blogmu. Webmaster dan Blogger suka cara-cara untuk meningkatkan ranking Alexa. Ya… mungkin seperti yang dibaca sekarang ini.

6. Dorong yang lain untuk menginstal Alexa toolbar.
Mintalah teman kantor, kuliah atau keluarga juga pengunjung blog Anda sendiri untuk menginstal Alexa Toolbar ini pada browzer mereka.

7. Bekerja di kantor atau di warnet?
Jika memungkinkan, instal alexa toolbar pada semua komputer yang ada dan seting blog Anda sebagai homepage-nya. Ini akan berguna jika IP yang digunakan bersifat dinamis.

8. Gunakan Alexa redirects URL blog Anda
Coba ini: http://redirect.alexa.com/redirect?www.doshdosh.com. Ganti doshdosh dengan URL blog Anda. Gunakan URL ini saat berkomentar dan juga signatur Anda. Redirect ini akan menghitung alamat IP unik sekali sehari saja. Belum ada bukti resmi cara ini, jadi gunakan secara hati-hati.

Awal ALEXA RANK blog saya :
17.889.351

1 bulan kemudian menjadi :
14.654.202

kemudian nulis artikel lagi menjadi
11.542.695

sampai artikel ini ditulis
7.776.587

CEK ALEXA RANK anda disini

Jika blog anda masih di atas genteng 5 jutaan, dan anda ingin cepat-cepat alexa rank anda turun seperti saya ini untuk Tips yang sederhana ikuti caranya:

* Usahakan anda mengupdate blog anda setiap 3 x seminggu

* Jangan-lah anda sekali-kali COPAS (copy/paste) pada postingan baru, ini akan membaut alexa rank dan PageRank anda akan jebol nangih.

* Seringlah TUKARAN LINK, dengan blog tetangga anda, jika anda ingin tukaran LINK dengan blog ini, KLIK DISINI

* Daftarlah pada forum-forum, digg, DLL

* Promosikan blog anda di FACEBOOK, MYSPACE, FRIENDSTER, dll

* Jika anda berminak JOIN di KOMUNITAS BLOGGER ( DI FACEBOOK), klik disini

* Pasang shoutbox (buku tamu) agar pengunjung yang blog anda bisa meninggalkan pesan, istilah kerennya BLOGWALKING, jika belum punya shoutbox klik disini

* dan yang utama sich rajin-rajin meninggalkan komentar (bukan buku tamu) di blog tetangga, JANGAN LUPA TINGGALKAN JUGA COMMENT ANDA DISINIsengihnampakgigi

Mungkin tips ini dapat meningkatkan Alexa Rank blog anda dan hasilnya lumayan sengihnampakgigi.

www.blogodolar.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: