Tips Menambahkan Shoutbox / Buku Tamu

Seseorang yang mengunjungi sebuah blog kemungkinan ingin memberikan komentar maupun hanya sepatah du patah kata ke dalam blog yang dikunjunginya. Inilah sebabnya dibutuhkan sebuah shotbox atau biasa pula disebut buku tamu dalam blog yang anda miliki. Ada beberapa penyedia shoutbox gratis, salah satunya adalah www.oggix.com atau www.shoutmix.com

Tips Menambahkan Shoutbox pada Blogspot

Langkah-langkah untuk membuat sebuah shoutbox adalah :

1. Kunjungi www.oggix.com, pilih register pada halaman situs.

2. Isi form yang tersedia kemudian klik register.

3. Setelah registrasi berhasil, akan keluar info “You have finish the registration progress. Please login to manage your account.”

4. Login dengan menggunakan account yang baru saja anda buat.

5. Setelah masuk ke halaman manager, anda dapat memulai proses instalasi. Pilih menu install shoutbox di tag yang berada di sisi kiri, kemudian di bawah tag tersebut akan muncul sub menu HTML, klik link tersebut.

6. Selanjutnya anda diminta untuk mengatur smilies, avatar, shoutbox time, time stamp serta flood control. flood control disini dipergunakan untuk pencegahan spam, misalkan anda memilih 10, artinya jika ada beberapa komentar dalam waktu kurang dari 10 detik, maka komentar tidak akan ditampilkan. Kemudian klik next untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

7. Selanjutnya anda dapat menentukan tipe shoutbox yang akan anda tambahkan pade blog anda. Setelah anda menemukan desain yang cocok klik choose this.

8. Selanjutnya adalah memlilih warna shoutbox yang ingin anda pakai. Apabila sudah menemukan, klik choose this.

9. Langkah selanjutnya adalah menentukan template dari shoutbox, klik tombol choose this untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

10. Pada langkah ini, anda akan mendapatkan kode HTML dan Javascript yang akan anda copykan ke blog anda. Copy code ini dengan cara blok semua kode, lalu klik kanan pilih menu copy.

11. Langkah selanjutnya adalah login ke blog yang anda miliki dan pilih link layout. Pilih Add a Page Element, kemudia pilih add to blog pada pilihan HTML/Javascript.

12. Akan muncul jendela baru “Configure HTML/Javascript”, letakkan kursor mouse pada kolom contents lalu klik kanan dan pilih paste untuk mengkopikan script yang telah anda copy beberapa waktu yang lalu.

13. Simpan hasil edit yang anda lakukan dengan cara klik pada tombol Save Changes

Tips Menambahkan Shoutbox pada WordPress

WordPress juga sudah memberikan fasilitas leave comment, namun untuk plugin ini, komentar yang kita submit biasanya tidak bisa langsung ter-approve, sehingga masih menunggu sang admin meng-approve nya. Anda bisa menambahkan shoutbox pada blog anda, shoutbox ini bisa digunakan untuk meninggalkan testimonial, dan testimonial ini langsung bisa tampil di blog kita, tanpa harus melalui proses approval.

1. Silahkan anda mampir ke halaman http://www.talkinator.com/. Talkinator adalah widget shoutbox gratis yang bisa dipasang di blog wordpress.com. tidak perlu daftar untuk mendapatkan widget ini.

Anda cukup mencari tulisan “Put a Talkinator in YOUR site! Every Talkinator includes a “get-the-code” button. Click that (or click the here)” lalu klik “here“.

3. Tampilan widget ini juga bisa diubah warna dan ukurannya untuk disesuaikan dengan warna theme kita dengan menekan tombol Generate.

2. Maka anda akan dibawa masuk ke halaman Configure Your Talkinator.

4. Bila udah puas ngutak-atik si talkinator, nih waktunya mengkopi kode yang ada di kotak dibawah ”Get your own talkinator!

5. Setelah dimasukkan Widget Text.

Adapun cara lain dengan menggunakan ShoutMix adalah

  1. Lakukan registrasi di Shoutmix.com
  2. Biasanya untuk aktifasi ini, membutuhkan verifikasi. Sehingga anda bisa cek email yang anda daftarkan untuk memperoleh user dan passwordnya.
  3. Jika anda sudah mendapat user dan password, silakan anda login.
  4. Setelah anda sukses login, silakan pilih menu Display -> Style & Colors. Disini anda bisa set warna dan style shoutbox yang akan anda tampilkan.
  5. Jika anda sudah selesai meng-edit style dan warnanya, silakan anda SAVE
  6. Selanjutnya pilih Menu Quick Start -> Get codes, lalu pilih Placed shoutbox on webpage. Copy Script shoutbox anda.
  7. Langkah selanjutnya, silakan anda masuk ke admin wordpress anda. Lalu pilih menu Apperance -> Widget.
  8. Dalam step ini, anda harus melakukan add tipe TEXT.
  9. Jika sudah add tipe TEXT, silakan masukkan script yang telah anda copy. Lalu Save.
  10. Blog anda sudah dilengkapi dengan shoutbox

Satu Tanggapan

  1. Everything is very open with a very clear clarification of the issues.
    It was definitely informative. Your website is extremely helpful.

    Many thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: